fbpx
  • Email: contact.nessteel@gmail.com

Fungsi dan Penggunaan Besi Beton

Pengaplikasian besi beton

Fungsi dan Penggunaan Besi Beton

Besi Beton adalah besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton atau lebih populer disebut sebagai beton bertulang. Besi Beton tulangan pada dasarnya terdiri dari dua bentuk yaitu Besi Beton Polos memiliki penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip dan Besi Beton Ulir bentuk permukaannya berupa sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola tertentu.

Fungsi utama dari Besi Beton pada Konstruksi adalah sebagai Rangka utama dan pondasi penyusunan struktur bangunan, baik bagunan sederhana maupun bertingkat, dan Kemampuan besi beton untuk menarik dan menahan gaya tekan membuat besi beton cukup baik untuk digunakan sebagai tulang-tulang dalam pembangunan gedung,  supaya sebuah bangunan tersebut dapat berdiri kokoh dan kuat sesuai dengan perencanaan konstruksinya. 

Ukuran Besi Beton

Umumnya, material ini memiliki ukuran atau standar panjang yakni sekitar 12 m. Bila digunakan untuk bangunan atau perumahan maka menggunakan ukuran besi beton 6 , 8, 10, atau 12 m. Meskipun telah ditentukan SNI masih saja banyak beredar besi yang tidak sesuai aturan. Dengan begitu tentunya sudah menyalahi ukuran atau aturan yang ada. 

Untuk harga besi beton yang tidak berstandar SNI, biasanya jauh lebih murah dibandingkan yang sesuai dengan aturan. Dengan harga besi beton yang murah tentunya juga akan memberikan pengaruh pada kualitas bangunan yang akan dibangun. Sedangkan untuk harga besi beton SNI sendiri berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan spesifikasinya.

Penggunaan Besi Beton pada Gedung

Gedung-gedung kecil sampai dengan gedung pencakar langit juga bisa menggunakan Besi Beton. Karena dengan menggunakan Besi Beton maka konstruksi Gedung akan semakin Kokoh dan kuat, selain itu dari sisi biaya juga terjangkau harganya, sehingga banyak kontraktor yang merekomendasikan penggunaan Besi Beton ini untuk setiap project mereka.

Penggunaan Besi Beton pada Jembatan

Pembuatan sebuah Jembatan membutuhkan Konstruksi Kolom ataupun dinding yang kokoh, nah Besi Beton seringkali menjadi alternatif pilihan untuk membuat Jembatan semakin kokoh dan tahan lama.

Penggunaan Besi Beton untuk Daya Lekat

Besi Beton bisa meningkatkan daya lekat untuk menahan gerakan pada sebuah konstruksi. Daya Lekat ini bisa terjadi karena perpaduan antara Besi Beton Ulir dan Besi Beton Polos sehingga dapat menahan getaran pada bangunan lebih sempurna.

Selain kegunaan yang sudah disebutkan tadi, besi beton juga merupakan material yang sangat penting dalam pembangunan konstruksi rumah. Kami adalah salah satu perusahaan Distributor Besi Beton Terlengkap, Berkualitas dengan Harga Murah  dan melayani ke seluruh Indonesia

  • Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang Distribusi Besi dan Baja serta Bahan Bangunan terbesar, terlengkap dan terintegrasi di Indonesia.

Contact Us

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

    Phone : 0821 1238 5424

    Follow Us: